Minggu, 03 Februari 2013


Langkah-langkah berpikir kreatif dapat diidentifikasi dalam lima langkah yaitu :mempergunakan bahasa mental otak, meningkatkan daya ingat, menguasai teknik mengingat,membuat peta pikiran serta memahami karakteristik kuadran berpikir dan mempergunakanuntuk menyelesaikan masalah
1)   Mempergunakan Bahasa Mental OtakBerpikir kreatif dimulai dengan mempergunakan bahasa mental otak yaitu verbal, matematik,visual dan berpikir sensory.
a.       Bahasa verbal adalah membayangkan skenario suatu peristiwa atau merunut hal yangterjadi dalam suatu peristiwa atau kejadian. Misalnya anak kesiangan dan takut untuk masukkelas, bayangkan hal yang mungkin menyebabkan anak kesiangan, kecemasan yang ada padapikiran anak, dan reaksi guru dan teman-teman pada saat anak mengetuk pintu.
b.      Bahasa matematika adalah perkiraan yang berhubungan dengan ukuran, antara lain :besaran, jumlah, bobot, isi, waktu, dan jarak. Contoh : kelas ukuran 8 x 9 m dapat terisidengan berapa bangku dan kursi agar tetap ada jarak antar bangku sehingga mampumenampung berapa jumlah siswa agar dapat belajar dengan nyaman.
c.       Bahasa Visual adalah menampilkan beragam informasi dalam satu bagan atau gambar.Contoh foto kegiatan sekolah memberikan informasi kondisi sekolah berhubungan dengantata letak, bentuk bangunan, keterkaitan dengan lingkungan, dan aktivitas yang terjadi disekolah.
d.      Berpikir sensory adalah memberikan perhatian terhadap berbagai hal yang menstimulasialat indra. Tingkat perhatian menghasilkan informasi, data dan fakta yang akan di manipulasioleh otak sebagai proses berpikir. Contoh jika melewati wc sekolah tercium bau tidaknyaman coba recek kondisi bak air dan air di wc tersebut. Jika bak air kecil dan air tidakmengalir pada waktu keran di buka artinya bukan hanya siswa yang mungkin tidak tahuaturan kebersihan tapi sarana yang ada tidak mendukung.Penggunaan bahasa mental lebih dari satu menstimulasi kapasitas otak untuk memanipulasiberbagai informasi, data dan fakta lama yang tersimpan dalam memori maupun informasi,data dan fakta baru yang dihasilkan dari proses atensi dan sensasi. Pesan yang diterima otakmenjadi lengkap dan komprehensif sehingga kemungkinan alternatif solusi menjadi lebihbanyak dan lebih mendasar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar